Cerita Di Belakang Layar Film Fiksimini: SEHARI SAJA

Posted: September 24, 2010 in Uncategorized

BEHIND THE SCENE FILM FIKSIMINI: SEHARI SAJA

SEHARI SAJA. Kami mengepak koper lalu berpisah di ujung jalan. Ternyata selamanya. Versi cerita mininya bisa diintip di novitapoerwanto.wordpress.com di #Cerita Sehalaman: Sehari Saja.

Gambaran dari fiksimini itu adalah sepasang suami istri yang telah menikah selama 10 tahun, nyaris tanpa friksi. Adem ayem. Di ulang tahun pernikahan ke-10, sang suami ingin memberikan hadiah yang berbeda. Ia mengajak istrinya berlibur, dari satu sama lain. Tepat sehari setelahnya, sang suami kembali ke rumah mereka, sedangkan istrinya, tak kunjung kembali. Penantian yang awalnya meresahkan dan melukai hati pada akhirnya melegakan. Sang suami yakin, ia telah memberikan hadiah ulang tahun pernikahan yang terindah untuk istrinya, kebebasannya..

6 Sep 2010: meeting pertama dihadiri fiksiminiers surabaya ie @judithhutapea, @jupelatinos, @ngkongparto @fitapermatasari @julianpablosusmo @gusti_mellow @theonlykika @indriadebora dan lain lain. Kami seru mem’badai’kan otak tentang scene2 seperti apa yg mau diambil, stock shoot di mana saja, dan scene2/ property apa yang akan dipakai sebagai penanda waktu dan penegas cerita. Kendalanya tentu saja ada pada di durasi yang super singkat tapi film ini tetap harus bercerita dengan alur yang mampu ditangkap penonton. Dengan waktu dan peralatan seminim mungkin, kita punya cita-cita muluk (yang ternyata mungkin!) untuk menciptakan letupan bahkan ledakan dalam hati dan kepala penonton. Soal penentuan talent, sedikit tidak demokratis memang, tapi saya @LVCBV berdiskusi berdua dengan @melialivita di malam sebelumnya. Intinya kami mencari talent yang ada chemistry, sehingga tak terlalu kaku, juga harus berpenampilan bersahaja dan bukan tipe ‘pemberontak’ atau ‘bandel’ sehingga ada kesan kontradiktif waktu si karakter yang terlihat ‘adem ayem’ saja, ‘nrimo’ dan konservatif, tiba-tiba memutuskan untuk tidak kembali pada suaminya dan pernikahannya. Pilihan kami jatuh pada @diazananda dan @fardania, dua fiksiminiers surabaya yang memang bersahabat sejak kecil, berpenampilan bersahaja dan tipe suami/ istri penurut dan setia. ehm!

7 Sep 2010: hari pertama shoot. @mother_monkey, @ryanka7926 disemangati @LVCBV berangkat lebih awal untuk stock shoot (langit surabaya, rel kereta, jalan raya dll). Sore hari dilanjut dengan scene shoot. Dua talent fiksiminiers surabaya, @diazananda dan @fardania sudah siap diambil gambarnya. Shooting hari pertama itu seru sekali karena, walaupun bersahabat sejak kecil, Diaz mati-matian menolak adegan mengecup Anki (@fardania). Mulailah beberapa angle diambil u/ mengakali, tanpa harus mengecup betulan.

8 Sep 2010: hari ke dua shoot @melialivita behind the camera. Lebih untuk mengambil lebih banyak stock scene untuk proses editing nantinya. Shooting di Hello record studio, @mother_monkey’s crib. Lumayan seru, dan melelahkan karena kita mulai agak larut dan baru selesai lepas tengah malam.

14 Sep 2010: hari ke tiga shoot. Pengambilan scene2 yang masih dirasa kurang, pengulangan beberapa shoot dan ada penambahan lokasi yang dipakai untuk film fiksimini ‘SEHARI SAJA’. @melialivita dibantu beberapa teman pecinta film dan video-making aktif terlibat di dalamnya. @diazananda dan @fardania juga ‘terpaksa’ lebih ber-akting di shoot terakhir ini (perjuangan mereka luar biasa).

Peralatan yang digunakan selama shooting: handycam, kamera foto SLR, dan lighting ala kadarnya. Editing dikerjakan oleh @melialivita tanpa tidur 2 hari berturut-turut. Software yang dipakai Premiere Pro. Seleksi  musik dibantu oleh @ryanka7926. Terbukti nyata, karya yang datang dari cinta sungguh luar biasa hasilnya, kelegaan bercerita dirasakan oleh semua fiksiminiers surabaya. Kami mengakui karya bersama ini sebagai proyek mimpi tahap awal. Kami akan terus asyik bermimpi dan saling membangunkan untuk mewujudkannya bersama-sama. Fiksiminiers surabaya, kalian juara! Hidup @fiksimini!

Comments
  1. fita says:

    review published!!!
    ayo dilihat di blog sayaaa…. so proud of you guys!!

    http://moviegeeknotes.blogspot.com/2010/09/sehari-saja-fiksimini-movie-review.html

  2. bundabandel says:

    Top abizz…I like it..dalam bgt!
    sukses slalu…

  3. Johan Utoyo says:

    Mantappp mba nopek…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s